" Tips Hemat Bahan Bakar Pada Motor - Kedai Situs
  • 11/18/2013 01:47:00 PM
  • nenjap id


Di saat melambungnya harga bahan bakar, sebagai rider kepak sayap tunggal alias penunggang motor-motor Honda tak perlu kuatir. Selain karena produk-produk Honda terkenal irit bahan bakar, kita juga harus pintar mengetahui tips-tips atau langkah-langkah apa yang bisa kita lakukan agar motor kita bisa menyerap bahan bakar secara efisien. Yuk, kita simak tips berikut supaya motor kamu makin irit bahan bakar :
  • Cek tekanan angin pada ban. Nah, hal yang satu ini boleh jadi sepele tapi perannya dalam menghemat bahan bakar pada motor kamu sangat besar lho. Tahukah kamu bahwa kurangnya tekanan angin pada ban dapat menyebabkan motor mengkonsumsi BBM 10-15% lebih boros. Oleh sebab itu, pastikan ban motor memiliki tekanan angin yang pas.
  • Jangan terlalu lama memanaskan motor. Ya, memang memanaskan motor itu penting agar oli bisa melumasi bagian-bagian pada mesin motor. Tapi kami perlu tahu juga bahwa terlalu lama memanaskan motor juga berdampak pada penyerapan bahan bakar menjadi lebih banyak. Tidak perlu lama-lama memanaskan motor, cukup satu menit saja. Kamu tidak perlu kuatir karena motor-motor saat ini sudah didesain dengan teknologi yang lebih canggih sehingga tidak perlu lagi terlalu lama memanaskan motor.
  • Cara berkendara mempengaruhi konsumsi BBM. Upayakan untuk selalu memperbaiki cara mengendarai sepeda motor yang baik dan menghormati pengguna jalan yang lain. Jangan kebut-kebutan, karena semakin tinggi laju motor maka bensin yang tersedot pun akan semakin banyak. Jangan menggeber-geber gas, mainkan gas dengan tarikan halus dan stabil. Terakhir, hindari mengerem terlalu sering, karena hal ini juga berkaitan dengan kestabilan gas.
  • Beban yang dibawa motor. Hindari mengendarai motor dengan muatan yang berlebihan. Karena selain bisa mempengaruhi keseimbangan kamu mengendarai motor, hal itu juga membuat motor lebih boros BBM karena untuk membawa beban yang besar, motor butuh tenaga yang besar pula.
  • Upayakan untuk selalu menjaga kinerja mesin motor tetap optimal. Jangan lupa untuk service rutin motor kamu secara berkala supaya performa motor selalu terjaga. Misalnya cek kondisi roda, jarak rem, ganti oli secara teratur, cek busi, filter udara, karburator, dan sebagainya. Semua hal itu berkaitan juga lho dengan efisiensi penyerapan bahan bakar. Coba bayangkan misalnya busi motor kamu sudah tidak optimal, tentu pembakaran di ruang bakar juga menjadi tidak sempurna yang akhirnya membuat BBM jadi lebih boros.

0 komentar:

Nami Corporate
Entrepreneurship, Adminsitrasi, bisnis dan Pengetahuan
http://nami.corp

Travel Murrah Malang
Travel, Rent Car Kepanjen, Batu, Malang, Juanda, Surabaya
http://travellora.net

Kumpulan Tutorial Blogger
Kumpulan Tutorial Blogger, template, setting widget dll
http://ngalamsantai.com

Travel Murrah Malang
Travel, Rent Car Kepanjen, Batu, Malang, Juanda, Surabaya
http://travellora.net

Travel Murrah Malang
Travel, Rent Car Kepanjen, Batu, Malang, Juanda, Surabaya
http://travellora.net

Ads by Nami Corporate

Popular Posts

More About Technical

More Teknik »

Recent Posts

Info Others »

Gadget Link

More Teknik »
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Flag Counter